Wonosobo: Sejarah yang Terserak, Dwi Putranto Bima Sasongko

 


Penulis: Dwi Putranto Bimo Sasongko 
Tebal dan ukuran: 13* 19 cm, viii + 100 hlm 
Jenis sampul: Soft Cover   
Penerbit Bimalukar Kreativa
Cetakan Pertama, Agustus 2021

Perbincangan tentang sejarah Wonosobo kerap hanya berkutat dan bersumber pada mitologi dan legenda. Jarang ada peneliti atau penulis yang berani mengungkap sejarah Wonosobo dengan mensitasi naskah dan catatan kuno atau menggali informasi yang mendalam melalui foto-foto Wonosobo lama yang banyak tersimpan di Belanda.
 
Bimo Sasongko, melalui buku ini, secara berani menggedor kebekuan penulisan sejarah Wonosobo beberapa tahun belakang. Kita akan banyak menemukan informasi baru seputar masa lalu Wonosobo: alam, sosial, pemerintahan, dan juga peristiwa peristiwa penting yang jarang mengemuka tetapi penting dikenang.

Tentang bagaimana situasi Wonosobo pada masa kolonial dan awal-awal kemerdekaan diulas cukup detail dalam buku ini. Juga wabah pes dan bencana gempa serta banjir yang pernah menelan banyak nyawa di Wonosobo tahun 1924. DLL.

Menarik, tentu saja. Sangat jarang buku yang membahas tentang sejarah Wonosobo dengan sumber referensi yang bisa dipercaya (bukan sebatas legenda atau cerita tutur).

Harga: Rp. 55, 000 

Pemesanan, hubungi WA 085230373555

Posting Komentar

0 Komentar