Ensiklopedia Wonosobo: Kebudayaan



Selain memiliki alam yang sejuk dan indah Wonosobo juga punya banyak kearifan lokal, tradisi, kesenian dan berbagai potensi budaya yang unik. Sayangnya banyak masyarakat lokal (khususnya anak-anak sekolah) yang awam tentang kebudayaan mereka sendiri. Hal ini cukup memprihatinkan dan mengancam terputusnya pewarisan budaya di masa mendatang.  Oleh sebab itu kami menganggap perlu dibuat sebuah buku "Ensiklopedia Wonosobo"

Ensiklopedia Wonosobo yang pertama ini memuat visualisasi data tentang beberapa bidang kebudayaan, yakni Ritus, Adat Istiadat, Pengetahuan dan Teknologi Tradisional, serta kisah-kisah penting yang bersumber dari cerita tutur (tradisi lisan). Berbagai khasanah kebudayaan Wonosobo tersebut disajikan secara ringkas dengan dilengkapi foto-foto dan ilustrasi yang menarik. Harapannya, buku ini dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk mengembangkan dan menjaga kelestarian kebudayaan Wonosobo.

Lahirnya buku ini diharapkan menjadi tonggak bagi Ensiklopedia Wonosobo berikutnya. Sebab masih cukup banyak materi-materi kebudayaan, juga sejarah, tokoh, dan lainnya yang penting untuk didokumentasikan dalam karya yang utuh. Dengan begitu, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang Wonosobo melalui sumber rujukan yang menarik dan dapat dipertanggungjawabkan.

Penulis: M. Yusuf Amin Nugroho, Farid Gaban, Agus Wuryanto, Erwin Abdillah, Fathul Wahid 

Judul: Ensiklopedia WOnosobo

Tebal: 148 hlm ukuran A4

Kertas: Art Paper 120 gr, full color  


Buku ini bisa diunduh gratis di google book, silakan masuk melalui tautan ini 

Atau bisa cari di kolom pencarian.  


Posting Komentar

0 Komentar